Teknik Trading Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Hitungan Menit!

Teknik Trading Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Hitungan Menit!

Teknik Trading. Ketika kita membayangkan orang yang bergelut dengan profesi perdagangan pasar modal, banyak dari kita mungkin berpikir mengenai durasi waktu. Mungkin banyak dari kita yang tertarik untuk memasuki dunia pasar modal karena melihat peluang waktu dan tempat yang sangat fleksibel. Dimana kita bisa menikmati hari-hari tanpa harus terkurung dalam suasana kantor dan bisa dilakukan kapan saja.

Teknik Trading Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Hitungan Menit!

Bayangan tersebut terkadang berbanding terbalik dengan apa yang terjadi ketika kita baru memulai karir trading kita. Kita menjadi sering terpaku kepada layar monitor kita yang menampilkan chart pergerakan pasar. Menjadi tergiur akan banyaknya profit yang kita bayangkan bisa dapatkan, sehingga melupakan bahwa selain profit yang kita cari adalah keleluasaan dalam hidup sehari-hari.

Sebenarnya kita bisa melakukan ini semua. Dimana trading kita mendapatkan profit dan juga memiliki waktu luang, dengan menggunakan atau menciptakan sebuah teknik trading yang baik. Di sini, kita akan membahas satu teknik trading yang banyak digunakan oleh trader professional diluar sana.

3 Hal Penting Dalam Teknik Trading Price Action

Untuk menggunakan teknik trading ini, trader perlu memperhatikan tentang 3 hal, yaitu:

  • Pelajari Analisa Teknikal

Mempelajari Analisa Teknikal merupakan hal yang penting untuk menggunakan teknik trading yang akan kita pelajari. Hal ini dikarenakan kita hanya akan mengambil informasi murni dari pergerakan pasar, seperti support and resistance, candlestick pattern, dan teknik analisa teknikal lainnya.

  • Gunakan Daily, Weekly, dan Monthly Timeframe Dalam Chart

Selain mempelajari Analisa Teknikal, elemen penting dalam menggunakan teknik trading ini adalah penggunaan daily, weekly, dan monthly timeframe. Di sini, kita berusaha hanya melihat pergerakan pasar secara keseluruhan pada hari itu. Hal ini kita lakukan dengan melihat pergerakan monthly timeframe yang kemudian merujuk ke weekly dan daily timeframe. Jika kita menggunakan timeframe yang lebih kecil, kita akan banyak menangkap noise dari pergerakan pasar karena berbagai macam hal, mulai dari berita atau pasar dagang besar seperti pasar New York atau London.

  • Fire & Forget (Pasang dan Lupakan)

Fire & Forget merupakan elemen terpenting dalam melakukan teknik trading kali ini. Di sini, hal yang kita berusaha lakukan adalah untuk menggunakan waktu sedikit mungkin melihat pergerakan pasar. Dengan prinsip ini, setelah kita melakukan semua analisis pada daily timeframe, kita bisa tinggal memasang posisi dagang kita dan menutup layar monitor kita. Hal ini memiliki beberapa manfaat, salah satu manfaat tersebut adalah terhadap psikis kita.

Ketika kita melihat terus menerus chart pergerakan pasar, terkadang kita akan memiliki impulse atau dorongan mengubah strategi kita dengan alasan bahwa pasar bergerak sesuai dengan kemauan kita dan akhirnya kita menghancurkan posisi kita. Dengan menggunakan konsep ini, kita bisa menghilangkan dorogan-dorongan tersebut dan tinggal menunggu hasil dari posisi kita.

Contoh Penerapan Teknik Trading Price Action

Setelah kita memahami dan meresapi ke-3 elemen di atas, kita bisa langsung menerapkannya pada aktifitas trading kita. Jika masih bingung bagaimana menggunakan teknik trading ini, berikut adalah contoh langkah-langkah yang diambil jika menggunakan teknik trading ini:

  • Pertama

Hal yang perlu dilakukan oleh pengguna teknik ini adalah melihat histori dari pasar yang ingin dimasuki oleh kita. Ketika kita melakukan ini, kita perlu melihat kemanakah trend pasar tersebut bergerak. Di sini, kita bisa memanfaatkan timeframe daily, weekly, dan monthly untuk melihat pergerakan trend pasar secara keseluruhan.

  • Kedua

Setelah melakukan pengecekan terhadap ketiga timeframe tersebut, hal yang perlu kita lakukan adalah membentuk atau memberikan garis support dan resistance. Kedua garis ini, berfungsi agar kita mengetahui dimanakah kita bisa meletakkan posisi kita ketika kita akan memasuki pasar tersebut. Selain untuk mengetahui posisi masuk, kedua garis ini juga bisa bermanfaat sebagai titik stop loss maupun take profit.

Teknik Trading Kedua

Contoh Illustrasi EURUSD Daily Timeframe Dengan Garis Support dan Resistance.

  • Ketiga

Tunggu sinyal untuk memasuki pasar tersebut terbentuk disekitar garis support dan resistance yang sudah kita buat. Sinyal ini bisa berbentuk baik dari candlestick pattern maupun sinyal-sinyal lain yang bisa pelaku pasar pilih sebagai tanda masuk pasar.

  • Ke-empat

Setelah kita menemukan sinyal untuk memasuki pasar, kita letakkan posisi kita pada pasar tersebut dan mengatur stop loss dan take profit atau money management yang kita inginkan. Idealnya, stop loss dan take profit ini memiliki rasio 1:2 sehingga kita tetap konsisten dalam aktifitas trading kita.

Ke-empat

Contoh Illustrasi Memasuki Pasar Dengan Sinyal Dan Money Management

Pada contoh illustrasi di atas kita bisa melihat bahwa setelah sinyal candlestick pattern muncul, kita memasuki pasar dan melakukan buy pada pasar dengan memasang stop loss sebanyak 700 point dan take profit sebanya 1400 point.

Manfaat Menggunakan Teknik Trading Price Action

Manfaat Menggunakan Teknik Trading Price Action

Terdapat 4 manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan teknik trading di atas, yaitu pelunag konsisten, mengembangkan teknik trading kita sendiri, lebih banyak waktu luang, dan lebih hemat.

  • Peluang Konsisten

kita akan dapatkan konsistensi jika mengikuti teknik yang sudah kita buat dan tidak merubah-rubahnya ketika kita sudah memasuki pasar. Salah satu hal yang penting dalam menggunakan teknik ini adalah fire & forget. Kita tidak perlu lagi merubah-rubah posisi kita setelah kita masuk kedalam pasar. Hal ini memberikan peluang untuk teknik kita memberikan gambaran jelas mengenai performanya pada pasar modal tersebut.

  • Mengembangkan Teknik Trading Kita Sendiri

Setelah kita mendapatkan hasil performa dari teknik trading yang kita gunakan, kita bisa melihat hal-hal apakah yang bisa kita kurangi atau tambahkan yang dapat menunjang performa teknik trading kita.

  • Lebih Banyak Waktu Luang

Sesuai tujuan utama kita memasuki dunia pasar modal, dengan menggunakan sebuah teknik trading, kita hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam per harinya. Hal ini membuat kita memiliki lebih banyak waktu luang yang bisa kita gunakan untuk hal lain, seperti melakukan hobi, berolah raga, atau mencari aktifitas lainnya.

Lebih Banyak Waktu Luang

  • Lebih Hemat

Dalam membuka posisi trading, kita akan dikenakan biaya seperti fee, swap, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sebuah teknik trading, kita bisa mengurangi potensi overtrading dengan hanya meletak-kan beberapa posisi saja dalam satu hari, sehingga mengurangi biaya-biaya tersebut.