Analisis Fundamental: Teman Investor Dalam Pasar Modal

Analisis Fundamental: Teman Investor Dalam Pasar Modal

Analisis Fundamental. Sebagai investor, kita pasti pernah mendengar tentang ap aitu fundamental analysis atau teknikal analisis. Dalam pasar modal, kita membutuhkan sebuah alat untuk membantu kita untuk melihat bagaimana pasar modal bergerak atau kemanakah pasar modal akan bergerak. Analisis inilah yang kemudian berkembang menjadi alat yang paling penting dalam aktivitas investor.

Analisis pasar modal sendiri terbagi menjadi 3 macam, yaitu Analisis Teknikal, Analisis Fundamental, dan Analisis Sentimen. Kita akan membahas sedikit mengenai Analisis Teknikal dan Analisis Sentiment, baru kemudian kita akan lompat lebih dalam mengenal ap aitu Analisis Fundamental.

Analisis Fundamental: Teman Investor Dalam Pasar Modal

Analisis Teknikal adalah analisis yang bersumber dari chart harga. Segala bentuk informasi yang investor ingin ketahui akan dilihat dari bagaimana harga tersebut bergerak pada sesi-sesi perdagangan sebelumnya. Selain dari pergerakan harga, indikator merupakan alat penunjang yang bisa digunakan dalam mendukung Analisis Teknikal. Dalam sisi lain, Analisis Sentiment merupakan analisis yang menggunakan perbandingan antara berapa banyak jumlah investor yang membeli atau menjual investasinya. Kita perlu ketahui bahwa terdapat jutaan orang yang berada pada satu tempat yang semuanya dapat mempengaruhi pergerakan pasar. Dengan analisis jenis ini, kita bisa “menumpang” kemanakah trend akan bergerak.

Setelah kita mengenal sedikit mengenai dua jenis analisis di atas, mari kita menuju ke topik utama artikel ini:

Apa Itu Analisis Fundamental?

Apakah anda memiliki pertanyaan seperti di atas? Jika iya, jawabannya mudah, Analisis Fundamental secara literal memiliki makna kajian fundamental atau kajian dasar. Ketika orang bertanya atau mengatakan mengenai fundamental, yang dimaksudkan di sini adalah fundamental ekonomi dari negara pemegang mata uang.

Fundamental ekonomi sendiri mencakup berbagai macam informasi yang luas; baik dalam bentuk ekonomi, politik, lingkungan, data, pengumuman, hingga sebuah peristiwa. Sebagai contoh, penurunan peringkat kredit yang terjadi pada Spanyol dan Portugal beberapa tahun lalu bisa dikategorikan sebagai data fundamental.

Bisa dikatakan Analisis Fundamental adalah kajian dan penerapan faktor-faktor tersebut untuk melihat dan memprediksi arah pergerakan pasar modal.

Apa Itu Analisis Fundamental?

Analisis Fundamental merupakan kajian tentang apa saja yang terjadi di sekitar kita, secara ekonomis dan perkembangan ekonomi itu sendiri, dan condong mengarah ke hal yang bersifat ekonomi makro (seperti inflasi, pertumbuhan ekonomi, dsb).

Apa Itu 2

Illustrasi Tingkatan Analisis Fundamental

Data Fundamental dan Kegunaannya

Hal yang perlu di ingat adalah, Analisis Fundamental memberikan kita gambaran akan bagaimana pasar akan dan mungkin bergerak ketika terjadi peristiwa ekonomi. Data fundamental memiliki berbagai macam bentuk. Data ini bisa berbentuk laporan yang dikeluarkan oleh Federal Reserve Bank of America mengenai penjualan property, atau berita kemungkinan perubahan kebijakan oleh European Central Bank. Penerbitan data-data seperti inilah yang kemudian merubah pandangan ekonomi masyarakat atau bahkan pikiran ekonomis mereka, menciptakan sebuah reaksi bagi investor dan spekulan. Atau bahkan terciptanya sebuah antisipasi akan berita yang tidak akan muncul di public, merupakan bagian dari Analisis Fundamental.

Data Fundamental dan Kegunaannya

Contoh Pergerakan Pasar Modal Karena Penerbitan Laporan GDP

Spekulasi akan adanya kenaikan suku bunga yang tajam bisa terlihat dari beberapa jam hingga beberapa hari yang lalu. Faktanya, dalam sebuah pasangan mata uang sering terjadi kenaikan yang drastis sebelum berita ekonomi yang besar, menciptakan peluang keuntungan bagi investor yang berani memasukinya. Inilah mengapa banyak investor yang bersiap-siap ketika terdapat agenda penerbitan laporan keuangan yang besar, untuk masuk kedalamnya dan mencari keuntugan di sana.

Umumnya, idikator ekonomi merupakan bagian besar dari data yang diambil untuk Analisis Fundamental. Indikator ekonomi ini memberikan sebuah pengetahuan akan bagaimana keadaan ekonomi negara tersebut. Selain keahlian dalam membaca hasil indikator-indikator ekonomi ini, kita sebagai investor juga harus bisa membaca, bagaimana antisipasi dan spekulasi dari investor lain. Jika kita bisa memahami bagaimana respon pasar atau investor mengenai hasil dan spekulasi indikator ekonomi ini, maka dengan mudah kita akan dapat menentukan aksi kita selanjutnya.

Jika dimasukkan dalam skala, Analisis Fundamental lebih menguntungkan jika digunakan untuk melihat bagaimana keadaan pasar modal diwaktu yang akan datang, dari pada melihat kemana arah pasar modal saat ini bergerak. Perlu di ingat bahwa analisis ini terkadang menjadi tidak jelas, dalam artian bahwa informasi yang digunakan oleh Analisis Fundamental berasal dari laporan, data ekonomi, ataupun kebijakan pemerintah yang sewaktu-waktu dapat berubah.

Setelah Mendapatkan Data, Apa yang Perlu Dilakukan?

Pasar modal mempunyai sebuah kebiasaan dimana dia akan bergerak sesuai keinginan investor. Keinginan ini bisa berasal dari berbagai macam hal, seperti hasil laporan ekonomi atau peneliaan mereka sendiri terhadap kondisi pasar tersebut. Permasalahannya adalah, terdapat banyak sekali investor yang berada dalam pasar modal, dan tiap-tiap investor pasti memiliki ide yang berbeda. Karena hal ini, tidak ada cara pasti untuk memprediksi bagaimana pasar akan bergerak hanya karena beberapa data fundamental yang dimiliki.

Bukan berarti kita harus meninggalkan Analisis Fundamental hanya karena kita tidak bisa memprediksikan pergerakan pasar. Karena jumlahnya yang sangat banyak, investor terkadang kebingungan dalam memilih dan memilah informasi dan data yang ada.

Banyak dari mereka yang mungkin memahami satu laporan tertentu, tetapi tidak bisa menentukan bagaimana laporan tersebut akan berdampak pada pergerakan pasar. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah, bahwa data fundamental yang kita terima, sering kali hanya berasal dari satu mata uang dan kita harus mendapatkan data fundamental dari mata uang lain untuk mendapatkan informasi penuh akan bagaimana pasar akan bergerak.

Jika sampai disini anda mengalami kebingungan, ini adalah hal yang wajar. Para investor pemula lebih sering memilih menggunakan Analisis Teknikal karena kemudahannya dan penggunaannya yang cocok untuk investasi jangka pendek. Mereka yang menggunakan Analisis Fundamental adalah yang mencari investasi dalam jangka panjang.

Setelah Mendapatkan Data, Apa yang Perlu Dilakukan?

Teknikal atau Fundamenta? Mana yang Lebih Baik?

Hal yang tidak disadari oleh sebagian besar investor adalah, Analisis Teknikal dan Fundamental bisa dan lebih baik digunakan berasamaan. Mereka yang hanya menggunakan Analisis Teknikal dalam strategi mereka akan digagalkan oleh terbitnya berita ekonomi yang besar. Sedangkan mereka yang hanya menggunakan Analisis Fundamental akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek yang mungkin keluar sewaktu-waktu.

Campuran antara Analisis Teknikal dan Fundamental dapat menyelesaikan masalah ini. Investor dapat mengetahui kapan laporan ekonomi akan diterbitkan, dan juga bisa mengambil kesempatan bila ada pergerakan investasi jangka pendek sewaktu-waktu.